Cukuplah Allah sebagai penolong


Berserah

Menyerahkan semua perkara kepada Allah, bertawakal kepadaNya, percaya sepenuhnya terhadap janji-janjiNya ridha dengan apa yang dilakukanNya, berbaik sangka kepadaNya dan menunggu dengan sabar pertolongan dariNya merupakan buah keimanan yang paling agung dan sifat paling mulia dari seorang mukmin.

Dan ketika seorang hamba tenang bahwa apa yang terjadi itu baik baginya, dan ia menggantungkan setiap permasaslahannya hanya kepada RabbNya, maka ia akan mendapatkan pengawasan, perlindungan, pencukupan serta pertolongan dari Allah.
Syahdan, ketika Nabi Ibrahim a.s. dilempar ke dalam koboran api, ia mengucapkan, “Hasbunallah wa ni’mal wakil” maka Allah pun menjadikan appi yang panas itu dingin seketika. Dan Ibrahim pun tidak terbakar. Demikian halnya yang dilakukan Rasulullah dan para sahabatnya. Tatkala mendapat ancaman dari pasukan kafir dan penyembah berhala, mereka juga mengucapkan,
Hasbunallah wa ni’mal wakil“.
{Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridaan Allah. Dan Allah mempunyai karunia yang besar} (Ali-Imran : 173-174)

Manusia tidak akan pernah mampu melawan setiap bencana, menaklukkan setiap malapetaka dengan kekuatannya sendiri.

Sebab, manusia adalah makhluk yang sangat lemah. Mereka akan mampu menghadapi semua itu dengan baik hanya bila bertawakal kepada RabbNya, percaya sepenuhnya kepada Pelindungnya dan menyerahkan semua perkara kepadaNya. Kerana jika tidak demikian jalan keluar mana lagi yang akan ditempuh manusia yang lemah tak terdaya ini saat menghadapi ujian dan cubaan?

{Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakal, jika kamu benar-benar orang yang beriman}
(Al-Ma’idah:23)
Wahai orang yang ingin menyadarkan dirinya, bertawakallah kepada Yang Maha Kuat dan Maha Kaya yang kekuatan amat besar ada padaNya. Itu bila anda mau keluar dari kesusahan dan selamat dari bencana. Jadikanlah “Hasbunallah wa ni’mal wakil” syiar dan semboyan yang selalu menyelimuti lengkah hidup anda. Jika harta anda sedikit, hutang anda banyak, sumber penghidupan anda kering dan mata pencarian anda terhenti, mengadulah kepada Rabbmu seraya mengucapkan “Hasbunallah wa ni’mal wakil”.
Jika anda takut kepada seorang musuh, cemas terhadap perlakuan orang zalim atau khuwatir dengan sesuatu bencana maka ucapkanlah dengan tulus kalimat ini : “Hasbunallah wa ni’mal wakil”.
{Dan cukuplah Tuhanmu menjadi Pemberi petunjuk dan Penolong.}
(Al-Furqan : 31)
wassalam
dari La Tahzan ; DR. ‘Aidh al-Qarni
sumber : ummisakinah

About blackphp

All about programming php, ajax, jquery, mysql, etc, tips n trick. Now, i'm concern in php programming with codeigniter framework n also training my design skill with photoshop or corel... wish me luck! ('o')

Posted on May 13, 2010, in Indahnya Islam. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment