Reservasi Online KAI Mudik 2015


Dua malam sejak dibukanya pemesanan tiket kereta api untuk keberangkatan H-2, saya dan istri mencoba melakukan pemesanan tiket online.

Pada saat malam dibukanya pemesanan tiket KAI H-2, saya langsung menuju ke situs yg bekerjasama dengan PT KAI, setelah mencoba beberapa saat akhirnya dapat melakukan booking untuk 2 orang. Saya memilih pembayaran menggunakan klikBCA dengan harapan pembayaran langsung bisa nyambung cepet. Akhirya tagihan pun muncul di menu e-commerce di klikBCA, dengan sigapnya langsung kuambil token BCA.q dan teken APL 1 dan terbayarlah. Keesokan harinya saya merasa perlu melakan pengecekan kode booking tersebut di situs resmi KAI. Kaget! saat kode booking tersebut tidak ada di situs resmi KAI. Setelah saya menghubungi situs mitra tersebut, ternyata ada masalah dan pembayaran saya akan dikembalikan (refund).

Malam pembukaan H-1 pun dateng, akhirnya saya memutuskan untuk booking langsung ke situs Reservasi Online KAI, meski halaman web reservasi KAI sering Gateway Time Out (dikarenakan banyak yang mengakses) saya tidak hentinya mencoba dan mencoba lagi.

Gateway Timeout
Pilih tanggal, stasiun keberangkatan, stasiun tujuan itulah rutinitas saat coba booking tiket dan Alhamdulillah dapetlah 1 booking tiket.
Langkah lanjutannya adalah melakukan pembayaran atas kode booking tersebut, tidak juga langsung mulus ternyata saya harus menunggu sampai jam 2 dini hari agar kode booking tersebut dapat muncul di ATM BCA. Berbekal handphone keren saya dan koneksi paket data yang mumpuni, saya dapat info menu-menu apa saja yang perlu ditekan saat melakukan pembayaran kode booking KAI lewat ATM BCA.

Berikut langkah-langkahnya (sumber : aritunsa.com)

  1. Pertama kita harus punya kartu ATM BCA, bukan yang lain (ya iyalah, haha)
  2. Lalu masukkan kartu BCA ke ATM BCA lalu masukkan PIN
  3. Pilih opsi TRANSAKSI LAINNYA
  4. Pilih menu PEMBAYARAN –> PEMBAYARAN LAINNYA
  5. Masukkan KODE PERUSAHAAN PT KAI yaitu 711711
  6. Setelah itu masukkan KODE PEMBAYARAN setelah kita booking online biasanya 13 digit (bisa dicek di email) lalu LANJUTKAN
  7. Setelah itu akan muncul konfirmasi bahwa Anda sedang melakukan pembayaran tiket kereta api yang sudah dipesan sebelumnya secara online, lengkap dengan jumlah yang harus dibayar lalu tekan OK
  8. SELESAI

Setelah melakukan pembayaran, sesegera mungkin saya cek kembali statusnya di situs KAI. Alhamdulillah status terbayar dan email kode booking langsung di email.

sukses KAI
Ini ceritaku tentang Mudik perdana q bersama istri dari Jakarta (Gambir) – Lamongan.
Tetap berusaha ya teman2 yang ingin mudik dan bersilaturrahmi dengan keluarga, semoga perjalanan mudik kita lancar. amin.

About blackphp

All about programming php, ajax, jquery, mysql, etc, tips n trick. Now, i'm concern in php programming with codeigniter framework n also training my design skill with photoshop or corel... wish me luck! ('o')

Posted on April 17, 2015, in Mudik and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

